Cara Menghilangkan Jerawat Batu : Penyebab dan Penangananya

Cara menghilangkan jerawat batu Bagi orang yang memiliki jerawat membandel, memang sebaiknya berkonsultasi pada spesialis kulit. Mereka bisa tahu betul kondisi kulit kita dan mencari pengobatan yang tepat sasaran.

Namun tidak semua orang memiliki sumber daya memadai seperti waktu, tenaga, hingga biaya untuk berkonsultasi ke spesialis kulit.

Jika hal ini yang kamu alami, coba beberapa cara menghilangkan jerawat batu berikut ini:

Penanganan Jerawat Batu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Jerawat batu tidak bisa disembuhkan secara tuntas hanya dengan memakai obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Jika Anda memiliki jerawat batu, maka Anda harus mendapat bantuan dari tenaga ahli, yaitu dokter kulit atau ahli dermatologis. Berikut ini adalah obat-obatan yang bisa menyingkirkan jerawat batu dari wajah Anda serta berguna untuk menghindari munculnya jaringan parut bekas jerawat di kulit:

  1. Antibiotik – Selain bisa membantu mengontrol bakteri, antibiotik juga bisa meringankan peradangan pada jerawat batu Anda. Namun terkadang, ada pula jerawat yang kebal terhadap antibiotik. Antibiotik umumnya diberikan dalam bentuk tablet, dengan jenis dan dosis berdasarkan usia, tipe jerawat, dan kondisi jerawat. Pemberian antibiotik dapat dikombinasikan juga dengan obat-obatan lain, misalnya obat oles yang mengandung benzoyl peroxide
  2. Asam salisilat dan asam azelaic – Obat asam salisilat dan asam azelaic memiliki sifat antibakteri yang akan mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut yang bisa memicu jerawat.
  3. Dapsone –  Obat ini diberikan untuk kasus jerawat yang meradang, biasanya pada perempuan dewasa.
  4. Isotretinoin – Kebanyakan orang berhasil menyingkirkan jerawat batu di kulit mereka secara permanen dan tuntas dengan obat ini. Isotretinoin berfungsi menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Namun, obat ini juga berisiko menimbulkan beberapa efek samping yang serius. Untuk itu, konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu untuk penggunaannya.
  5. Pil Kontrasepsi – Beberapa jenis pil kontrasepsi juga dapat digunakan sebagai terapi jerawat pada perempuan. Namun, penggunaan ini hendaknya tetap dibarengi dengan obat jerawat lainnya melalui konsultasi dokter.
  6. Spironolactone –  Spironolactone bekerja dengan cara menghambat produksi hormon androgen pada kelenjar minyak di kulit Anda. Obat ini biasanya diberikan pada remaja perempuan jika antibiotik oral tidak mendatangkan hasil.
  7. Obat oles mengandung retinoid – Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan jenis krim, gel, atau salep yang mengandung retinoid (vitamin A) untuk mengobati jerawat. Obat oles ini dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat sekaligus mendukung obat antibiotik untuk dapat bekerja secara maksimal.
  8. Pengeluaran komedo hitam maupun putih dengan alat khusus. Namun, terapi ini memiliki risiko terbentuknya jaringan parut pada kulit.
  9. Pengelupasan kulit (peeling) dengan bahan kimia, seperti asam salisilat. Umumnya terapi ini dilakukan hingga beberapa kali demi mendapatkan hasil yang diinginkan.
  10. Suntikan kortikosteroid langsung ke jerawat untuk mengurangi peradangan serta mengurangi rasa sakitnya.
  11. Terapi laser dan fotodinamik. Terapi sinar laser yang dilakukan untuk menangani jerawat batu mulai menunjukkan hasil baik. Namun penelitian lebih lanjut masih tetap diperlukan untuk memastikan dosis, metode, dan jenis sinar laser yang aman bagi kulit dan tubuh pasien.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Tidak memencet jerawat – Salah satu hal yang paling sulit dihindari oleh mereka yang berjerawat adalah menahan diri untuk tidak memencetnya. Jangan pernah memencet jerawat apapun itu, terlebih jerawat batu.

Mungkin pada usia remaja, jerawat yang bermunculan di wajah bisa dengan mudah dipecahkan dengan cara dipencet. Namun ketika urusannya sudah dengan jerawat batu, ada gumpalan sel darah putih di dalamnya yang tidak bisa begitu saja dipencet.

Bukan hanya memencet, seseorang harus menahan diri untuk tidak menyentuh jerawat batu. Kita tidak pernah tahu apakah tangan cukup bersih atau tidak. Memencet jerawat batu hanya akan membuatnya memburuk.

  1. Kompres es – Jerawat batu berakar sangat dalam di bawah kulit sehingga kadang kita bisa merasakan ketika jerawat ini tumbuh. Ketika mulai terasa ada jerawat yang tumbuh, jangan panik.
    1. Ambil es batu dan kompres langsung ke area yang terasa akan ditumbuhi jerawat selama beberapa detik. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan memperkecil ukuran jerawat yang mungkin muncul.
    2. Cara ini sangat efektif apabila jerawat muncul tiba-tiba saat harus beraktivitas. Kamu hanya perlu menutupnya dengan concealer sebelum kembali menjalani hari.
  2. Pilih pembersih wajah yang tepat – Kunci dari wajah bebas dari jerawat batu salah satunya adalah membersihkan wajah dengan tepat. Bersihkan secara menyeluruh dalam beberapa tahapan untuk memastikan semua kotoran terangkat tuntas.
    1. Orang yang memiliki jerawat batu sebaiknya menggunakan pembersih yang mengandung salicylic acid yang membantu mengangkat kelebihan minyak, mengangkat sel kulit mati, dan mengeringkan jerawat.
  3. Baking soda – Cara mengatasi jerawat batu cukup campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kental tersebut pada daerah kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat batu kamu menghilang dengan sempurna.
  4. Masker Madu – Cara mengatasi jerawat batu secara alami selanjutnya adalah dengan masker dari madu. Masker madu terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu karena mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengatasi jerawat batu dengan madu adalah gunakan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu.
  5. Lidah buaya – Cara mengatasi jerawat batu dengan lidah buaya yakni kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Haluskan gel dari lidah buaya tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering atau kira-kira 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami.
  6. Bawang putih – Cara mengatasi jerawat batu dengan bawang putih, ada beberapa cara. Cara pertama, siapkan 3 siung bawang putih. Kupas kulitnya, lalu tumbuk halus. Letakkan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air bersih. Cara kedua, ambil 2-4 siung bawang putih, kupas kulitnya. Blender bawang putih tersebut dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan pasta tersebut tipis-tipis pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.
  7. Jeruk nipis – Cara mengatasi jerawat batu dengan bahan alami ini yaitu siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah. Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air perasan jeruk ke wajahmu. Biarkan sekitar 10 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.
  8. Putih telur – Cara mengatasi jerawat batu menggunakan putih telur, pertama siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja. kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.
  9. Cuka apel – Cara mengatasi jerawat batu dengan cuka apel yakni bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu. Diamkan lebih kurang sekitar 20 – 30 menit. Tunggu hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.
  10. Lemon – Untuk meminimalisir efek samping tersebut, kamu bisa mencampurkan lemon dengan madu atau air mawar sebelum diaplikasikan ke wajah. Potong lemon menjadi dua bagian, peras sehingga air perasan lemon keluar, kemudian tambahkan madu atau air mawar secukupnya. Gunakan kapas atau cotton buds untuk mengoleskannya di bagian yang berjerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya gunakan lemon hanya untuk mencerahkan noda bekas jerawat, bukan untuk mengeringkan jerawat yang meradang.
  11. Kunyit– Cara mengatasi jerawat batu menggunakan kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan satu atau dua sendok makan minyak wijen. Setelah itu, oleskan campuran kunyit dan minyak wijen tersebut ke seluruh bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.
  12. Kentang – Cara mengatasi jerawat batu dengan kentang yakni kupas, potong kemudian haluskan kentang dengan blender. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal.
READ  18 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Penyebab jerawat batu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Faktor Genetik – Penyebab jerawat batu biasanya adalah faktor genetik. Apakah orang tuamu memiliki jenis wajah berminyak dan sering mengalami jerawat batu? Jika iya, jerawat batu yang sering kamu alami itu bisa jadi disebabkan karena masalah genetik.

Penyebab jerawat batu memang lebih mudah tumbuh di kulit yang berminyak. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, maka kamu akan sangat rentan untuk terkena jerawat batu. Nah, karena kamu tahu kalau kulit berminyak dan faktor genetik ini bisa menjadi pemicu utama jerawat batu, sebaiknya kamu selalu rajin membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak.

  1. Kosmetik – Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah penggunaan kosmetik. Esensi penggunaan kosmetik seharusnya memang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kamu tambil lebih cantik. Akan tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa beberapa bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik bisa memicu timbulnya jerawat, termasuk jerawat batu. Apalagi kalau memang tipe kulitmu sensitif, penggunaan kosmetik yang tidak cocok bisa memperparah keadaan kulitmu.
    1. Penyebab jerawat batu lainnya juga karena penggunaan makeup yang tebal seharian dan kamu tidak segera membersihkannya.
    2. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat batu yang disebabkan karena pori-pori wajah tersumbat oleh kosmetik yang kamu pakai.
    3. Makeup yang oil-based atau memiliki kandungan minyak yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat batu lho.
  2. Faktor Hormonal – Penyebab jerawat batu lainnya adalah faktor hormonal. Ketika kamu mengalami fase pubertas misalnya, produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan kulitmu memproduksi sebum yang lebih banyak daripada biasanya dan hasilnya jerawat batu akan muncul.
    1. Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah selain masa pubertas, pada saat wanita mengalami fase menstruasi juga dapat meningkatan level pada hormon androgen dan hormon estrogen.
    2. sehingga produksi sebum juga meningkat. Mengonsumsi pil KB, masa kehamilan, dan stres berat juga dapat memicu produksi minyak yang berlebihan karena hormon yang tidak stabil.
    3.  Semua perubahan hormon yang signifikan tersebutlah penyebab munculnya jerawat batu.
  3. Pertumbuhan Sel Kulit yang Abnormal – Penyebab jerawat batu lainnya adalah pertumbuhan sel kulit yang abnormal atau tidak normal.
    1. Penyebab jerawat batu ini disebabkan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal ketika proses regenerasi sel.
    2. Ketika sel-sel kulit mati ini tidak beregenerasi dengan cepat, pada akhirnya sel kulit mati ini akan menumpuk dalam folikel rambut yang nantinya juga bercampur dengan bakteri (Propionibacteria).
  4. Gaya Hidup Tidak Sehat – Mengonsumsi obat-obatan untuk jerawat saja tidak cukup untuk menyingkirkan jerawat batu dan mencegahnya muncul kembali. Konsumsi obat-obatan tersebut perlu diikuti juga dengan perubahan gaya hidup yang sehat dan higienis, misalnya dengan melakukan langkah-langkah berikut:
    1. Luangkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran, karena stres bisa memicu produksi hormon yang bisa memperparah jerawat batu.
    2. Tidur yang cukup.
    3. Berolahraga juga bisa membantu. Tetapi jangan lupa, bersihkan kulit setelah berolahraga.
    4. Jaga kebersihan tangan karena bagian tubuh ini sering menyentuh bagian wajah Anda. Tangan kotor penuh kuman bisa memperparah jerawat batu.
    5. Kurangi kebiasaan buruk memencet jerawat.
    6. Cuci wajah Anda dua kali sehari. Gunakan sabun yang lembut dan usap wajah dengan perlahan, lalu bilas dengan air hangat. Tidak hanya itu, rajin mandi khususnya setelah beraktivitas seharian akan turut menjaga kebersihan kulit dari minyak dan keringat yang bisa memicu munculnya jerawat.
    7. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari yang bisa memperburuk kulit berjerawat.
    8. Pilihlah produk untuk kulit berjerawat yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat (salicylic acid), asam glycolic atau alpha hydroxyl acid yang mampu mengurangi kelebihan minyak di permukaan kulit.
    9. Hindari mengaplikasikan wajah dengan facial scrub, masker, astringen, atau produk yang mengandung minyak. Produk-produk tersebut bisa memperparah jerawat Anda.
    10. Ketika memiliki jerawat, Anda pasti ingin menyentuh atau memencetnya. Kebiasaan ini justru bisa menyebabkan infeksi atau luka, terlebih jika kondisi tangan Anda kotor.
    11. Perhatikan apa saja yang sering bersentuhan dengan wajah Anda, seperti rambut, ponsel, kerudung, helm, topi, atau handuk. Pastikan kebersihan benda-benda tersebut.
READ  Cara Menghilangkan Jerawat Kecil kecil

  1. Decker, A. & Graber, E. M. (2012). Over-the-counter Acne Treatments A Review. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 5 (5). pp: 32-40.
  2. Medline Plus. Puberty.
  3. Gardner, S. S. Web MD (2018). Teens and Acne.
  4. Jaliman, D. Web MD (2019). Understanding Acne Basics
  5. Jaliman, D. Web MD (2016). Before You Pop a Pimple.
  6. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  7. Watson, S. Healthline (2018). Forehead Acne.
  8. Watson, K. Healthline (2019). Popping a Pimple: Should You or Shouldn’t You?
  9. Fabbrocini, G., Annuziata, M. C., et al. NCBI (2010). Acne Scars: Pathogenesis, Classification and Treatment. Dermatology Research and Practice, 2010: 893080.
  10. Fritz, A. L. Everyday Health (2018). Best Natural Remedies to Add to Your Anti-Acne Skincare Routine.
  11. Heiser, C. Everyday Health (2014). 5 Ways Lemons Can Solve Your Beauty Problems.
  12. Anthony, K. Healthline (2017). Baking Soda for Acne Treatment.
  13. Schaefer, A. Healthline (2016). 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars.
  14. Palmer, A. Very Well Health (2017). Aloe Vera and Acne.
  15. Rodan, K., Fields, K., & Falla, T. J. (2017). Efficacy of a Twice-Daily, 3-Step, Over-the-Counter Skincare Regimen for the Treatment of Acne Vulgaris. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 10, 3–9.
  16. Mayo Clinic (2018). Acne.
  17. Rodriguez, D. Everyday Health (2010). Home Remedies for Red Skin.
  18. Mattheis, C. Health (2015). 15 Home Remedies to Make a Pimple Vanish.
  19. Watson, K. Healthline (2019). How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
  20. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  21. Marcin, A. Healthline (2016). Can Honey and Cinnamon Treat Acne?
  22. Palmer, A. Very Well Health (2019). How to Create the Best Skin Care Routine for Acne.
  23. Palmer, A. Very Well Health (2019). Do You Need an Acne Toner?
  24. WebMD (2017). Acne Causes.
  25. Rodan, K., Fields, K., & Falla, T. J. (2017). Efficacy of a Twice-Daily, 3-Step, Over-the-Counter Skincare Regimen for the Treatment of Acne Vulgaris. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 10, 3–9.
  26. Mayo Clinic (2018). Acne.
  27. Rodriguez, D. Everyday Health (2010). Home Remedies for Red Skin.
  28. Mattheis, C. Health (2015). 15 Home Remedies to Make a Pimple Vanish.
  29. Watson, K. Healthline (2019). How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
  30. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  31. Marcin, A. Healthline (2016). Can Honey and Cinnamon Treat Acne?
  32. Palmer, A. Very Well Health (2019). How to Create the Best Skin Care Routine for Acne.
  33. Palmer, A. Very Well Health (2019). Do You Need an Acne Toner?
  34. WebMD (2017). Acne Causes.
READ  Kata Dokter! Begini Cara Menghilangkan Jerawat Yang Benar!

You May Also Like

About the Author: Admin