Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Wajah yang berjerawat tentu terasa tidak nyaman dan membuat malu dan minder. Kamu ingin bisa cepat menghilangkan jerawat tapi takut akan resiko dan biaya yang mahal? Ada cara menghilangkan jerawat yang aman dan hemat biaya. Yaitu memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Jerawat bukanlah penyakit kulit yang berbahaya. Namun wajah yang berjerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Jerawat kadang membandel, saat sudah ada yang hilang, tumbuh lagi satu. Kadang ingin rasanya tangan menyentuh dan memencet jerawat yang membandel ini. Tapi, hati-hati karena tangan yang kotor saat menyentuh jerawat, malah bisa bikin jerawat makin tumbuh subur, dan bahkan infeksi lho.

Tapi sebelum kita membahas cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat untuk pria dan wanita, kamu perlu mengetahui apa dan penyebab jerawat itu. Jerawat adalah penyakit kulit yang mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit. Lubang kecil di kulit (pori-pori) terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Kelenjar ini menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Di dalam folikel, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit.

Apa Sih Penyebab Jerawat?

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
  1. Memencet jerawat – Merasa penampilan terganggu karena adanya jerawat dan ingin segera menghilangkannya dengan cara memencetnya? Ups, tunggu dulu. Apakah Anda yakin bahwa tangan Anda benar-benar bersih? Bukan hanya karena tangan kita yang kotor, karena dengan memencet jerawat, kita hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam yang akan menyebabkan timbulnya bekas jerawat pada wajah.
  2. Mengkonsumsi makanan yang tak sehat – Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat akan menyebabkan timbulnya Jerawat. Karena hal tersebut akan membuat kulit memproduksi sebum yang berlebihan.
  3. Ponsel yang kotor – Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ponsel yang kita pakai sangatlah kotor. Kita sering sekali secara tidak sadar menyentuh benda yang kotor, lalu memegang ponsel.
    1. Tanpa kita sadari, tangan yang kotor tersebut akan memindahkan bakteri ke ponsel kita. Menurut penelitian, ternyata ponsel 18 kali lebih kotor dan mengandung banyak bakteri jahat bila dibandingkan dengan pegangan pintu pada toilet umum.
    2. Bukan saja mengandung bakteri, tapi ponsel juga merupakan sarang berkembang biaknya bakteri. Setelah kita pegang dengan tangan kotor, kita meletakkannya pada tempat yang sempit dan gelap, misalnya: Kantung celana dan tas. Maka bakteri akan berkembang biak di ponsel kamu.
  4. Terlalu sering cuci muka – Ada anggapan bahwa penyebab jerawat adalah karena kurang rutin membersihkan muka. Karena anggapan itu kamu akan sering membersihkan muka dalam sehari bisa sampai 3-4 kali. Ternyata hal tersebut justru akan membuat wajah kamu berjerawat karena produksi minyak pada wajah justru menjadi berkurang hingga menyebabkan kulit akan terus memproduksi minyak yang berlebihan. Jadi lebih tepat bila mencuci muka cukup 2 kali sehari menggunakan produk pembersih wajah yang ringan.
  5. Make up berlebihan – Hal ini Khususnya terjadi pada perempuan, pemakaian make-up yang berlebihan tanpa membersihkan wajah secara teratur justru bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu memakai produk make-up yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah juga bisa menimbulkan jerawat pula.
  6. Perubahan hormon – Bukan hanya pada remaja, namun orang dewasa pun bisa berjerawat. Hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon. Kasus ini lebih sering terjadi pada perempuan, karena pada masa-masa tertentu, khususnya pada masa menstruasi dan kehamilan terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan.
    1. Pada saat perempuan mengalami menstruasi, biasanya jerawat akan muncul. Sedangkan pada perempuan hamil, biasanya pada masa hamil 3 bulan pertama, jerawat akan muncul.
  7. Pubertas – Bagi Sebagian orang pernah mengalami kondisi berjerawat saat mengalami pubertas atau pada masa remaja. Sebab pada masa puber, sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak meningkat produksinya karena meningkatnya produksi hormon testosteronpula .
READ  Kata Dokter! Begini Cara Menghilangkan Jerawat Yang Benar!

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
  1. Es batuCara menghilangkan jerawat yang memerah, yang tercepat adalah dengan es. Gunakan kain untuk menampung beberapa es baru dan letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi. Diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.
  2. Obat tetes mata – Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Letakkan kapas yang sudah dibasahi dengan tetes mata di dalam freezer. Biarkan selama semalam. Keesokan paginya, letakkan kapas tersebut di atas jerawat selama beberapa menit. Ketika cairan tetes mata terserap ke dalam kulit, akan ada penyempitan sementara pembuluh darah. Hal ini akan membuat kemerahan pada jerawat berkurang. Jika kemerahan tidak berulang, ulangi cara yang sama.
  3. Aspirin – Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah. Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh. Tambahkan air. Kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya. Biarkan selama 30 menit.
  4. Pasta gigi tanpa mint, tanpa flouride – Pasta gigi adalah salah satu obat yang sering disebut dalam mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang membantu mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.
  5. Makeup – Anda juga bisa menggunakan makeup untuk menyembunyikan kemerahan. Saat ini sudah banyak kosmetik tersedia yang tidak berminyak dan non-komedo.
  6. Pilih kosmetik berbahan mineral – kosmetik berbahan mineral yang menggunakan silica, titanium dioksida, dan zinc oksida karena bahan-bahan ini tidak mengiritasi kulit. Bahan ini juga efektif menghilangkan minyak dari kulit dan menutupi kemerahan.
    1. Bila Anda menggunakan concealer untuk menyamarkan kemerahan, gunakan yang berwarna hijau karena kontras dengan warna merah pada jerawat, membuatnya terlihat samar. Taburkan bedak setelah memakai concealer untuk menyamakan warna kulit Anda. Hal ini juga akan mencegah lunturnya makeup.
    2. Walaupun kemerahan pada jerawat bisa mengganggu penampilan , tetapi hal ini tidak seburuk luka yang ditinggalkan setelah jerawat. Perlu diingat, cara menghilangkan jerawat secara kilat ini tidak akan meminimalisir risiko terbentuknya luka bekas jerawat. Anda perlu mengobati jerawat Ansedini mungkin untuk mencegah terjadinya luka.
READ  18 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

  1. Decker, A. & Graber, E. M. (2012). Over-the-counter Acne Treatments A Review. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 5 (5). pp: 32-40.
  2. Medline Plus. Puberty.
  3. Gardner, S. S. Web MD (2018). Teens and Acne.
  4. Jaliman, D. Web MD (2019). Understanding Acne Basics
  5. Jaliman, D. Web MD (2016). Before You Pop a Pimple.
  6. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  7. Watson, S. Healthline (2018). Forehead Acne.
  8. Watson, K. Healthline (2019). Popping a Pimple: Should You or Shouldn’t You?
  9. Fabbrocini, G., Annuziata, M. C., et al. NCBI (2010). Acne Scars: Pathogenesis, Classification and Treatment. Dermatology Research and Practice, 2010: 893080.
  10. Fritz, A. L. Everyday Health (2018). Best Natural Remedies to Add to Your Anti-Acne Skincare Routine.
  11. Heiser, C. Everyday Health (2014). 5 Ways Lemons Can Solve Your Beauty Problems.
  12. Anthony, K. Healthline (2017). Baking Soda for Acne Treatment.
  13. Schaefer, A. Healthline (2016). 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars.
  14. Palmer, A. Very Well Health (2017). Aloe Vera and Acne.
  15. Rodan, K., Fields, K., & Falla, T. J. (2017). Efficacy of a Twice-Daily, 3-Step, Over-the-Counter Skincare Regimen for the Treatment of Acne Vulgaris. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 10, 3–9.
  16. Mayo Clinic (2018). Acne.
  17. Rodriguez, D. Everyday Health (2010). Home Remedies for Red Skin.
  18. Mattheis, C. Health (2015). 15 Home Remedies to Make a Pimple Vanish.
  19. Watson, K. Healthline (2019). How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
  20. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  21. Marcin, A. Healthline (2016). Can Honey and Cinnamon Treat Acne?
  22. Palmer, A. Very Well Health (2019). How to Create the Best Skin Care Routine for Acne.
  23. Palmer, A. Very Well Health (2019). Do You Need an Acne Toner?
  24. WebMD (2017). Acne Causes.
  25. Rodan, K., Fields, K., & Falla, T. J. (2017). Efficacy of a Twice-Daily, 3-Step, Over-the-Counter Skincare Regimen for the Treatment of Acne Vulgaris. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 10, 3–9.
  26. Mayo Clinic (2018). Acne.
  27. Rodriguez, D. Everyday Health (2010). Home Remedies for Red Skin.
  28. Mattheis, C. Health (2015). 15 Home Remedies to Make a Pimple Vanish.
  29. Watson, K. Healthline (2019). How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
  30. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  31. Marcin, A. Healthline (2016). Can Honey and Cinnamon Treat Acne?
  32. Palmer, A. Very Well Health (2019). How to Create the Best Skin Care Routine for Acne.
  33. Palmer, A. Very Well Health (2019). Do You Need an Acne Toner?
  34. WebMD (2017). Acne Causes.
READ  Cara Menghilangkan Jerawat Kecil kecil

You May Also Like

About the Author: Admin