Kamu Harus Tau.!! 14 Fakta dan Mitos Seputar Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum terjadi, mempengaruhi banyak orang pada waktu tertentu di dalam hidup mereka . Banyak informasi tentang jerawat di internet yang tersebar di antara teman-teman dan keluarga. Beberapa dapat dipercaya, namun beberapa hanyalah rumor. Berikut 12 mitos dan fakta jerawat yang akan kita bahas.

Mitos dan fakta jerawat

Mitos dan fakta jerawat

Mitos mengenai jerawat ternyata beragam. Ada mitos yang menyebutkan menyantap makanan berminyak bisa memicu jerawat. Apakah mitos ini benar? Jawabannya, tak seluruhnya benar.

Makanan memang mempunyai peran dalam proses munculnya jerawat pada meraka yang cenderung mudah berjerawat. Namun, bukan karena minyak di dalam makanan, melainkan elemen inflamasi.

“Kami percaya makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat memperburuk jerawat karena efek mereka pada sistem endokrim dan hormon, sama seperti efek yang ditimbulkan oleh produk susu, termasuk coklat,” ujar dokter spesialis dari New York City, Hadley C. King, M.D.

Jaga asupan yang masuk ke dalam tubuh dengan makanan bergizi, seperti sayuran dan buah.

Faktanya, jerawat dapat disebabkan oleh faktor genetis, bukan usia. Oleh karena itu, bukan hanya remaja saja yang bisa terkena masalah ini, melainkan segala rentang usia berpotensi terkena jerawat.

Mitos Katanya Semakin sering Anda mencuci muka, semakin sedikit jerawat yang Anda miliki
Menjaga kulit tetap bersih penting dilakukan, namun membersihkan terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering. Anda harus mencuci wajah Anda 2 kali sehari dengan pembersih yang lembut. Untuk mencegah kulit kering, gunakan pelembab yang cocok dengan jenis kulit Anda.

1. Mitos Katanya Tabir surya dapat mengiritasi jerawat

Tabir surya dapat mengiritasi jerawat

Walau beberapa tabir surya mengandung bahan yang memperburuk kondisi jerawat, tabir surya penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Carilah tabir surya yang tepat untuk jenis kulit Anda. Ada 2 jenis tabir surya: tabir surya kimia dan fisik. Tabir surya kimia dapat menyebabkan kulit Anda bereaksi. Apabila kulit Anda sensitif, gunakan tabir surya fisik seperti zinc oxide.

READ  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

2. Mitos Katanya Jerawat akan menghilang apabila Anda sudah dewasa

Jerawat akan menghilang apabila Anda sudah dewasa

Jerawat paling banyak terjadi pada remaja, namun dapat mempengaruhi orang dewasa pada usia 30, 40 bahkan 50 tahun. Kondisi ini sering disebut sebagai adult acne. Adult acne biasanya disebabkan oleh perubahan hormon atau pengobatan yang Anda gunakan. Seperti jerawat biasanya, adult acne harus segera diobati untuk mencegah kondisi jerawat memburuk.

3. Mitos Katanya Pasta gigi dapat mengobati jerawat Anda

Pasta gigi dapat mengobati jerawat Anda

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengoleskan pasta gigi dapat menghilangkan jerawat. Mitos ini menurun dari generasi ke generasi. Walau mungkin ada kandungan yang dapat mengeringkan jerawat, pasta gigi tidak direkomendasikan untuk mengobati jerawat. Ada banyak kandungan lainnya yang dapat mengiritasi jerawat, menyebabkan jerawat menjadi semakin merah dan meradang. Gunakan produk dengan kandungan yang terbukti mengatasi jerawat seperti benzoyl peroxide dan asam salisilat.

4. Mitos Katanya Jangan pakai make up saat Anda berjerawat

Jangan pakai make up saat Anda berjerawat

Kabar baiknya adalah Anda tetap dapat menggunakan make up untuk menutupi jerawat di wajah Anda. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan make up yang tebal karena hal tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah Anda dan dapat memperparah jerawat Anda.

Saat Anda berjerawat, cobalah untuk memilih kosmetik yang nonacnegenic atau noncomedogenic. Terlebih, saat ini sudah tersedia concealer yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat, yang dapat membantu melawan jerawat. Tetapi jika Anda mengalami iritasi atau memperparah jerawat Anda saat menggunakan kosmetik tersebut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Mitos Katanya Makan kacang bikin jerawatan

Makan kacang bikin jerawatan

Tenang, tidak selamanya kacang dapat menyebabkan jerawat kecuali jika Anda memang alergi terhadap kacang. Selain itu, tidak semua jenis kacang-kacangan dapat memicu jerawat karena faktanya, kacang almond atau mete yang mengandung asam oksalat justru dapat merawat kulit dan mencegah terjadinya jerawat. Kacang kedelai juga baik untuk kecantikan kulit karena mengandung omega3 yang dapat melawan inflamasi di tubuh dan mencegah kulit kering serta menjadikan kulit tampak lebih muda.

6. Mitos Katanya Stress menyebabkan jerawat

Stress menyebabkan jerawat

Stress mungkin memiliki kaitan dengan jerawat, namun belum terbukti menyebabkan jerawat. Hubungan tersebut menunjukkan saat Anda merasa stress, hormon stress kortisol meningkat dalam darah. Kortisol dapat menstimulasi kelenjar minyak untuk meningkatkan produksi minyak, membuat kulit rawan terhadap jerawat.

7. Mitos Katanya Coklat dan soda dapat memicu jerawat

Coklat dan soda dapat memicu jerawat

Tidak ditemukan bukti yang menunjukkan coklat dan soda dapat menyebabkan jerawat. Coklat dan soda kaya akan gula, membuat kulit berisiko mengalami jerawat. Terdapat hubungan antara pola makan dan kulit, namun diperlukan lebih banyak penelitian yang menunjukkan penyebab langsung. Jika Anda khawatir terhadap jerawat Anda, lebih baik hindari coklat dan soda.

READ  Cara Menghilangkan Jerawat Batu : Penyebab dan Penangananya

8. Mitos Katanya Memencet jerawat dapat membuat jerawat cepat sembuh

Memencet jerawat dapat membuat jerawat cepat sembuh

Jika Anda berpikir Anda dapat memecahkan jerawat dengan benar, pikirkan lagi. Memecahkan jerawat dapat mengiritasi jerawat, membuat semakin meradang dan kemungkinan meninggalkan bekas. Anda juga berisiko menyebarkan bakteri ke sel-sel kulit di sekitar, memperlambat proses pemulihan.

9. Mitos Katanya Seks menyebabkan jerawat

Seks menyebabkan jerawat

Seks terkait dengan peningkatan kadar androgen. Walau androgen telah terbukti menyebabkan jerawat, tidak ditemukan bukti yang cukup bahwa seks dapat menyebabkan jerawat.

Untuk mendapatkan fakta-fakta tentang jerawat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit Anda. Mengerti penyebab jerawat dapat memberi Anda solusi terbaik untuk mengatasi jerawat.

10. Faktanya Jerawat Muncul karena Kurang Menjaga Kebersihan

Jerawat Muncul karena Kurang Menjaga Kebersihan

Fakta: Tentu saja jerawat disebabkan oleh kotoran yang menutupi pori-pori kulit. Namun bukan karena kotoran dari luar, melainkan produksi sebum yang berlebihan di kulit.

Jerawat merupakan masalah kulit yang dipengaruhi oleh kelenjar minyak di bawah kulit. Kelenjar minyak inilah yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum.

Jika diproduksi secara berlebihan, sebum ini akan terangkat ke permukaan dan menyumbat pori-pori. Karena itulah, meski sering mencuci muka untuk membuat kulit tetap bersih dan higienis, kamu tidak dapat mencegah jerawat.

Nyatanya, terlalu sering mencuci muka akan membuat menjadi kulit kering. Sehingga produksi sebum akan bertambah meningkat sehingga menyebabkan jerawat tumbuh lebih banyak.

11. Faktanya Jerawat tidak butuh penanganan medis

Jerawat tidak butuh penanganan medis

Fakta: Jerawat normal bisa diobati melalui pengobatan di rumah. Tetapi jerawat yang meradang membutuhkan penanganan medis.

Jika tidak diobati, jerawat dapat menyebabkan masalah kulit yang parah termasuk gatal, pendarahan dan sebagainya.

Selain itu, masalah jerawat dan komedo juga bisa memengaruhi kesehatan mental, termasuk memicu kecemasan dan kurang percaya diri.

Jika mengalami masalah jerawat yang parah, sebaiknya pergi ke dokter spesialis kulit untuk memeriksakan diri.

12. Faktanya Sinar matahari bisa mengurangi tumbuhnya jerawat

Sinar matahari bisa mengurangi tumbuhnya jerawat

Fakta: Jerawat dikaitkan dengan peradangan. Karena itu, sinar matahari diklaim dapat mengurangi peradangan akibat jerawat.

Nyatanya, paparan sinar matahari dapat memecah kolagen yang merupakan obat yang membuat kulit tetap kuat. Jika kolagen tidak ada, justru akan menimbulkan jerawat.

  1. Decker, A. & Graber, E. M. (2012). Over-the-counter Acne Treatments A Review. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 5 (5). pp: 32-40.
  2. Medline Plus. Puberty.
  3. Gardner, S. S. Web MD (2018). Teens and Acne.
  4. Jaliman, D. Web MD (2019). Understanding Acne Basics
  5. Jaliman, D. Web MD (2016). Before You Pop a Pimple.
  6. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  7. Watson, S. Healthline (2018). Forehead Acne.
  8. Watson, K. Healthline (2019). Popping a Pimple: Should You or Shouldn’t You?
  9. Fabbrocini, G., Annuziata, M. C., et al. NCBI (2010). Acne Scars: Pathogenesis, Classification and Treatment. Dermatology Research and Practice, 2010: 893080.
  10. Fritz, A. L. Everyday Health (2018). Best Natural Remedies to Add to Your Anti-Acne Skincare Routine.
  11. Heiser, C. Everyday Health (2014). 5 Ways Lemons Can Solve Your Beauty Problems.
  12. Anthony, K. Healthline (2017). Baking Soda for Acne Treatment.
  13. Schaefer, A. Healthline (2016). 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars.
  14. Palmer, A. Very Well Health (2017). Aloe Vera and Acne.
  15. Rodan, K., Fields, K., & Falla, T. J. (2017). Efficacy of a Twice-Daily, 3-Step, Over-the-Counter Skincare Regimen for the Treatment of Acne Vulgaris. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 10, 3–9.
  16. Mayo Clinic (2018). Acne.
  17. Rodriguez, D. Everyday Health (2010). Home Remedies for Red Skin.
  18. Mattheis, C. Health (2015). 15 Home Remedies to Make a Pimple Vanish.
  19. Watson, K. Healthline (2019). How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
  20. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  21. Marcin, A. Healthline (2016). Can Honey and Cinnamon Treat Acne?
  22. Palmer, A. Very Well Health (2019). How to Create the Best Skin Care Routine for Acne.
  23. Palmer, A. Very Well Health (2019). Do You Need an Acne Toner?
  24. WebMD (2017). Acne Causes.
  25. Rodan, K., Fields, K., & Falla, T. J. (2017). Efficacy of a Twice-Daily, 3-Step, Over-the-Counter Skincare Regimen for the Treatment of Acne Vulgaris. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, 10, 3–9.
  26. Mayo Clinic (2018). Acne.
  27. Rodriguez, D. Everyday Health (2010). Home Remedies for Red Skin.
  28. Mattheis, C. Health (2015). 15 Home Remedies to Make a Pimple Vanish.
  29. Watson, K. Healthline (2019). How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
  30. McDonell, K. Healthline (2017). 13 Powerful Home Remedies for Acne.
  31. Marcin, A. Healthline (2016). Can Honey and Cinnamon Treat Acne?
  32. Palmer, A. Very Well Health (2019). How to Create the Best Skin Care Routine for Acne.
  33. Palmer, A. Very Well Health (2019). Do You Need an Acne Toner?
  34. WebMD (2017). Acne Causes.
READ  Kata Dokter! Begini Cara Menghilangkan Jerawat Yang Benar!

You May Also Like

About the Author: Admin