Penjelasan: Hubungan Antara Perubahan Sosial dan Kebudayaan

Penjelasan: Hubungan Antara Perubahan Sosial dan Kebudayaan

Hubungan antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan memiliki satu aspek yang sama yaitu keduanya saling berkaitan dengan penerimaan cara cara baru atau suatu penilaian dari cara cara masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kebutuhannya.

Biasanya, antara kedua gejala tersebut dapat ditemukan hubungan timbal balik sebagai sebab dan akibat. Perubahan sosial merupakan perubahan dalam segi struktur dan hubungan sosial, sedangkan perubahan budaya merupakan perubahan dalam segi budaya masyarakat.

Perubahan Sosial
Perubahan sosial terjadi dalam segi distribusi kelompok umur, jenjang pendidikan, dan tingkat kelahiran penduduk.

  1. Perubahan sosial bisa terjadi seiring berkembangnya jaman dan adanya inovasi atau penemuan iptek (ilmu pengetahuan dan Teknologi).
  2. Misalnya penemuan IPTEK yaitu HP yg semakin canggih sebagai alat komunikasi dan bersosialisasi. Jika dulu HP hanya digunakan sebagai alat komunikasi dan bersosialisasi dari jarak jauh entah dalam negeri maupun ke luar negeri. tapi sekarang kita juga bisa bersosialisasi dengan cara bertatap muka (video call), menonton acara, dan mengetahui berita luar negeri dari HP.
  3. Hal inilah yg menyebabkan perubahan sosial lebih cepat terjadi karena mengikuti jaman dan faktor kebutuhan manusia itu sendiri yaitu butuh berkomunikasi, bersosialisasi, informasi baru dll.
READ  Kenali Langkah-Langkah Dalam Membuat Emoticon Di Instagram Yang Super Menarik

Perubahan sosial cenderung terjadi lebih cepat karena mengikuti jaman tapi tidak selalu diikuti.

Perubahan Budaya
Perubahan budaya meliputi penemuan dan penyebaran masyarakat, perubahan konsep nilai susila dan moralitas, bentuk seni baru dan kesetaraan gender.

  1. Tapi perubahan budaya akan sulit terjadi jika suatu masyarakat menutup diri dan bersosialisasi seperlunya saja.
  2. Sebenarnya perubahan budaya bisa saja terjadi tapi akan memerlukan waktu yang lama.
  3. Hal ini disebabkan masyarakat yang tertutup jadi akan sulit menerima budaya baru dan cenderung mempertahankan tradisi lama yang masih tradisional.

Perubahan kebudayaan karena cenderung lama disebabkan masih ada masyarakat yang ingin mempertahankan tradisi lama.

You May Also Like

About the Author: Admin