Google Font: Cara Instal Google Fonts di Komputer Secara Mudah

Google Font adalah kumpulan font web yang benar-benar luar biasa yang dapat digunakan di halaman web HTML tanpa ada batasan.

Cara Instal Google Web Fonts di Komputer Secara Mudah

Font ini tidak hanya terlihat indah daripada tipografi secara umum seperti Arial dan Verdana, tetapi lebih mudah dibaca, karena font telah dirancang khusus untuk web. Juga, semua font web Google ditawarkan di bawah Lisensi Open Font yang berarti dapat menggunakannya bahkan dikomersial kan tanpa harus khawatir tentang masalah lisensi.

Google Font di-host di google.com dan yang perlu dilakukan adalah memasukkan beberapa baris CSS (atau JavaScript) untuk menyematkan satu atau lebih font-font ini di halaman web.

Cara Gunakan Google Font di Komputer

Selain situs web, Google font dapat digunakan di dokumen Office, desain Photoshop, atau program komputer lainnya.

READ  Inilah Cara Dapatkan Uang Dari Google, Simak Yuk Gaes!

Tidak ada trik yang terlibat di sini. Karena semua font Google adalah open source, bebas mengunduh dan menginstalnya ke komputer lokal. Setelah font diinstal, font dapat digunakan dalam dokumen seperti font standar lainnya.

Bagaimana cara Mengunduh Font Google?

Ada dua cara untuk mengunduh Google Font ke komputer.

Jika ingin memiliki salinan semua font Google secara lokal, cukup buka googlecode.com dan unduh seluruh direktori font menggunakan alat leeching seperti HTTrack atau Wget. Seluruh koleksi keren sekitar 700 MB dan karenanya perlu beberapa saat untuk mengunduh tergantung pada koneksi Internet.

Selain itu bisa juga mendownload melalui unduhan selektif. Buka direktori Google Fonts, pilih jenis huruf favorit (atau font) dan tambahkan ke koleksi. Setelah mengumpulkan font yang diinginkan, klik tautan “Unduh Koleksi” di bagian atas maka akan mendapatkan file zip yang berisi semua font yang diminta dalam format TTF.

READ  Begini Tutorial Mengganti Password FB (Facebook) Dengan Mudah

Cukup unzip koleksi dan salin file TTF ke folder font. Sekarang dapat menggunakan font di Office atau aplikasi lain di komputer.

Jika Anda membuat presentasi dengan Google Font dan mengirimkannya ke orang lain, mereka mungkin tidak memiliki font yang sama diinstal di komputer mereka dan dengan demikian presentasi akan terlihat sangat berbeda dari aslinya.

Google Font adalah open source sehingga Anda dapat melampirkan salinan font dengan presentasi itu sendiri atau lebih baik, cukup menyematkan font dalam dokumen sebelum mengirimnya.

You May Also Like

About the Author: Admin