Strategi Pemasaran Coca Cola Terhadap Situasi Pasar Lokal

Strategi Pemasaran Coca Cola Terhadap Situasi Pasar Lokal. Strategi pemasaran harus dilakukan dengan tepat, terarah, dan cermat. Produk coca cola tidak perlu bentrok atau bersaing secara massif dengan produk lokal melainkan harus hidup berdampingan. Dengan hidup berdampingan dan merebut hati konsumen, niscaya strategi produknya bisa diserap pasar lokal dengan baik.

Pemerintah melalui kementerian atau dinas terkait berupaya memproteksi produk lokal pada pasar domestik. Tujuannya ada 3 (tiga) komponen, yakni, mencegah pengangguran, meningkatkan produktifitas usaha domestik, dan meningkatkan daya saing. Coca cola harus menggunakan kapasitas intelijen pemasaran dan risetnya untuk menggapai pasar lokal. Simak artikel lainnya tentang pasar lokal

strategi pemasaran

Adaptasi konsep pemasaran Coca cola terhadap pasar lokal

Produk tersebut terlebih dahulu harus mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pasca lulus uji produk, maka strategi pemasaran produk pada pasar lokal tidak hanya ditinjau dari aspek barang saja melainkan diobservasi pada aspek softlaunching. Citarasa orang Indonesia terhadap kemasan sejenis tidak sama dengan citarasa orang asing.

Sebelum memasarkan produk tersebut ke pasar domestik secara resmi, pihak Coca Cola harus melakukan peluncuran produk (soft launching). Peluncuran produk memiliki ragam tujuan supaya dapat beradaptasi dengan peluang domestik, yakni, menguji respons konsumen dan menguji daya tahan produk. Mari simak pembahasannya. Dan perhatikan juga inilah tahapan produksi kerajinan pasar lokal

Menguji respons konsumen

Produk apapun sebelum diproduksi secara massal harus diuji terlebih dahulu terhadap tanggapan konsumen. Apabila konsumen menyatakan ketertarikannya plus merasakan manfaat dan keunggulannya, maka produsen bisa melepas produk lebih banyak lagi. Menguji respons konsumen merupakan langkah awal dari strategi pemasaran yang harus dijalankan.

Produsen harus siap dengan kritik dan saran dari respon para konsumen supaya perbaikan bisa segera dilakukan. Menyikapi dan menyadari bahwa tanggapan konsumen selama dipandang positif maka hal itu tidak menjadi masalah. Patut diingat bahwa memulihkan kegagalan akibat tidak mencermati respon konsumen bisa memakan biaya yang lebih besar.

Menguji daya tahan produk

Menguji daya tahan produk berarti menguji kadaluarsa dengan produk sejenis. Strategi pemasaran juga harus berhubungan dengan kesehatan sebagai faktor kelayakan dari produk yang dihasilkan. Kelayakan yang dimaksud disini berhubungan dengan keamanan, kenyamanan, tidak bau, dan tidak beracun saat dikonsumsi.

Daya tahan juga bermakna bahwa produk tersebut memiliki informasi kalori dan label bahan-bahan alami. Biasanya konsumen melihat informasi produk dan takarannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Para konsumen akan merasa nyaman kalau informasi produk dilontarkan secara lengkap dan transparan.

Strategi pemasaran Coca Cola terhadap situasi pasar lokal harus dilakukan secara kreatif tanpa berbenturan dengan kualitas domestik. Meningkatkan kualitas produk merupakan investasi jangka panjang yang bisa berdampak signifikan. Menanggapi respon konsumen dan menguji daya tahan produk merupakan perspektif yang harus dijalankan.


READ  Perbedaan Pasar Lokal dengan Pasar Global

You May Also Like

About the Author: Admin