Perencanaan Produksi Kerajinan Untuk Pasar Lokal

Perencanaan produksi kerajinan untuk pasar lokal-sangat dipengaruhi oleh segmentasi kebutuhan pasar. Berbagai kreatifitas masyarakat tidak begitu saja dapat dipasarkan dalam jumlah besar. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum sebuah produk diedarkan. Di antaranya adalah kebutuhan akan fungsi dari produksi tersebut bagi masyarakat.

Negara ini memiliki banyak sumber kreatifitas berupa kerajinan dari tiap daerah. Kreatifitas masyarakat tersebut sering mendapat sorotan untuk dapat diberdayakan. Pemberdayaan itu sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga penghasilan bagi daerah. Hanya saja tidak semua kreatifitas yang kebanyakan berupa kerajinan itu dapat diproduksi secara masal. Karena harus ada survey terlebih dahulu terhadap produsennya. Riset kebutuhan pasar juga sangat penting sebagai bahan perencanaan awal produksi. simaklah berikut tentang bagaimana wirausaha produk kerajinan

pasar lokal
READ  Pilih Tempat Jual Flange Terbaik Dengan Melihat Dari Jenisnya

Perencanaan Produksi Kerajinan

Untuk memasarkan kerajinan yang diproduksi masyarakat di suatu daerah diperlukan riset pasar terlebih dahulu. Tentunya riset terhadap pasar lokal lebih memungkinkan untuk didahulukan. Setelah diketahui skema pangsa pasar di daerah bisa dilanjutkan ke pasar nasional, atau bahkan pasar internasional. Berikut ini beberapa tahapan perencanaan yang bisa dilakukan.

Survery potensi daerah

Survey potensi daerah untuk mengetahui daya tarik apa yang membuat pendatang tertarik untuk berkunjung. Beberapa daerah memiliki tempat tertentu yang dapat dioptimalkan sebagai tempat wisata. Baik tempat wisata domestik maupun wisata antar daerah.

Survey produsen

Survey produsen yang memproduksi kerajinan-kerajinan. Survey ini diperlukan untuk mengetahui apakah produknya berkompeten atau tidak untuk diluncurkan ke pasar lokal.

Survey kebutuhan kerajinan

Survey kebutuhan kerajinan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini untuk menghindarkan produksi kerajinan yang tidak memiliki kegunaan tertentu sehingga sulit dipasarkan. Misalnya suatu daerah yang berpotensi sebagai tempat wisata bisa memproduksi kerajinan untuk oleh-oleh. Kerajinan yang dipasarkan bisa berupa ciri khas daerah wisata tersebut. Misalnya produksi kain batik yang dapat berupa pakaian, tas, dan sandal.

Survey kualitas

Survey kualitas dari kerajinan yang diproduksi untuk menghindarkan disfungsi ketika berada di pasar lokal. Mengetahui kualitas dari kerajinan yang diproduksi akan sangat membantu dalam proses pemasaran. Kerajinan yang diedarkan tanpa memiliki kegunaan spesifik akan sulit mendapatkan tempat di pasaran. Misalnya batu-batu unik di Kalimantan akan lebih bernilai jual ketika dibuat kerajinan berupa aksesoris gelang atau kalung. Dan berikut tahap produksi kerajinan pasar lokal

Memberdayakan kreatifitas masyarakat daerah memang dapat membantu meningkatkan pendapatan perkapita. Bahkan pendapatan daerah bisa ikut terdongkrak dari pendapatan perkapita yang naik. Hanya saja perencanaan produksi kerajinan tersebut harus melalui beberapa tahapan dahulu untuk dipasarkan.

Pasar lokalmerupakan pasar pertama pemasaran sebuah produk. Bukan hal yang tidak mungkin sebuah produk yang telah dikenal di pasar daerah dapat dikenal di pasar yang lebih luas lagi. Tentunya hal ini dipengaruhi perencanaan dalam pemasaran produk.

 

You May Also Like

About the Author: Admin