Usaha Kerajinan Pasar Lokal Dapat Dikenali Dengan

Usaha Kerajinan Pasar Lokal Dapat Dikenali Dengan. Pada awal sebelum industrialisasi di Indonesia, tumbuhnya perajin-perajin di Nusantara didasari oleh semangat budaya untuk menunjukkan eksistensi budaya mereka. Para perajin Nusantara telah dinyatakan mampu membuat barang-barang seni dan kerajinan yang baik pada awal tarikh Masehi. Para perajin membuat benda-benda kerajinan dimaksudkan untuk melanjutkan tradisi budaya leluhur guna kepentingan yang fungsional maupun untuk kegiatan keagamaan.

Sejak jaman kuna, bangsa Indonesia dinyatakan telah mampu membuat barang-barang seni dan kerajinan. Pengenalan tersebut diketahui melalui berkembangnya kebudayaan Dong Son yang hasil peninggalanya masih dapat disaksikan sampai dewasa ini. Ketrampilan dan kemampuan perajin dengan estetika yang baik telah diwariskan secara turun temurun dari generasi kegenerasi selanjutnya. Perhatikan beberapa tahapan produksi kerajinan dengan cermat. 

Kerajinan pasar lokal memanfaatkan keterampilan tangan. Proses pengerjaan produk kerajinan ini membutuhkan estimasi waktu yang cukup lama. Berbeda dengan industri manufaktur yang mampu menghasilkan produk dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Hal ini tentu bisa memberikan peluang produk kerajinan dan keunikan barangnya bisa masuk pasar dengan jumlah terbatas. Untuk kerajinan yang ada di pasar lokal sendiri mempunyai lima kegiatan perencanaan yang biasanya dilakukan, diantaranya ialah:

Kerajinan pasar lokal

Lima Kegiatan Perencanaan Pasar Lokal

Penjualan personal (personal selling)

Jenis penjualan personal dilakukan menggunakan media yang bersifat individu. Jenis komunikasi yang satu ini adalah komunikasi yang dilakukan tenaga penjual atau wiraniaga. Sistem komunikasi ini juga saat ini banyak dilakukan untuk produk jasa, perdagangan, distribusi dan lain sebagainya. Anggaran yang digunakan pada penjualan personal pun tidak terlalu besar.

Iklan (advertising)

Ikan adalah komunikasi kerajinan pasar lokal melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan. Dengan mengadakan iklan, diharapkan para customer bisa membaca, mendengar, mengenal hingga tertarik pada produk yang dijual. Produk ini sendiri beraneka ragam, mulai dari kerajinan tangan hingga kerajinan pabrik.

Promosi penjualan (sales promotion)

Promosi digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. Promosi penjualan ini sendiri mempunyai beragam alat yang digunakan untuk mengetahui kecepatan dan kekuatan pengaruhnya serta respon.

Publikasi (publication)

Publikasi dalam kerajinan pasar lokal mencakup pengaturan komunikasi massa diluar iklan dan promosi penjualan. Publikasi ini sendiri umumnya bertujuan untuk memperkuat brand sama halnya dengan iklan. Sehingga peminat akan meningkat.

Komunikasi di tempat konsumen yang akan membeli (pint of purchase)

Komunikasi dengan sistem ini bertujuan untuk mempengaruhi seseorang pada saat orang tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk. Baca juga ide-ide tentang kerajinan di pasar lokal

Itu dia beberapa pembahasan mengenai kerajinan pasar lokalyang dapat dikenali dengan enam kegiatan atau perencanaan diatas. Semoga tulisan ini bisa memberikan infomasi dan pemahaman bagi Anda semua yang tengah mencari tahu tentang hal tersebut. Lebih jauh semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan menjadi barometer.


READ  Inilah Deretan Kerajinan Kebutuhan Pasar Lokal yang Bisa Ditemukan

You May Also Like

About the Author: Admin