Inilah Deretan Kerajinan Kebutuhan Pasar Lokal yang Bisa Ditemukan

Inilah Deretan Kerajinan Kebutuhan Pasar Lokal yang Bisa Ditemukan. Indonesia sangat terkenal dengan berbagai adat dan budayanya. Di mana, hal ini membuat seseorang bisa menemukan apa pun di Indonesia. Budaya ini kadang mempengaruhi kerajinan dari Indonesia. Sehingga, setiap kerajinan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Biasanya, kerajinan ini sering dicari oleh para pelancong sebagai buah tangan. Menariknya, beberapa kerajinan juga ada yang sampai ke luar negeri. Berikut ini akan dibahas beberapa kerajinan pasar lokal yang bisa ditemukan dengan cukup mudah dan tidak susah. Perhatikan artikel menarik lainnya kebutuhan pasar lokal produk kerajinan ya. 

Kerajinan kebutuhan pasar lokal

Kerajinan kebutuhan pasar lokal

Kerajinan kebutuhan pasar lokalTas rajut dowa

Kerajinan kebutuhan pasar lokal yang satu ini berasal dari Yogyakarta. Produk ini sudah ada sejak tahun 1989 dan selalu menjadi buah tangan wajib bagi siapa saja yang datang ke Yogyakarta. Menariknya, tas ini dibuat secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini yang juga menyebabkan harganya relatif mahal.

 Anyaman tikar pandan

Kemudian, kamu juga bisa menemukan anyaman tikar pandan yang berasal dari pulau Bawean. Kerajinan yang satu ini menggunakan pandan sebagai bahan bakunya. Kualitas dari pandan yang dipakai pun sangatlah bagus. Tidak heran jika hasilnya berkualitas. Selain berupa tikar, anyaman pandan juga bisa berupa sandal dan dompet.

Perak Ceruk

Nah, untuk kamu yang sedang liburan ke bali, jangan lupa membeli salah satu kerajinan kebutuhan pasar lokal satu ini. Produk satu ini sangat populer bagi kalangan wisatawan asing dan lokal. Beberapa produk yang terbuat dari perak ceruk antara lain bros, gelang, anting kalung dan beberapa aksesoris lainnya.

Songkok Awing

Selanjutnya, ada Songkok awing. Kerajinan yang satu ini menjadi buah tangan khas dari Gresik. Songkok awing sendiri terbuat dari bahan karton untuk bagian dalamnya. Sementara, bagian luarnya terbuat dari beludru. Harga dari songkok awing sendiri bervariasi, tapi biasanya tidak jauh berbeda.

Tas Koja

Kerajinan kebutuhan pasar lokal yang terakhir adalah tas koja. Tas yang satu ini berasal dari suku baduy, Banten. Tas yang terbuat dari kulit pohon teureup ini dibuat dengan cara dianyam menggunakan benang. Biasanya, tas ini berbentuk selempang dan memiliki ukuran yang sedang. Tas ini sangat cocok untuk kamu penyuka produk vinntage dan memiliki corak etnik. Perhatikan juga artikel menarik tentang ciri – ciri pasar lokal yang menarik ya.

Demikianlah beberapa kerajinan kebutuhan pasar lokal yang bisa ditemukan di Indonesia. Berbagai macam kerajinan di atas tentu sangat dicari oleh para pelancong untuk dijadikan sebagai buah tangan. Ciri khas dari masing-masing kerajinan mampu menarik perhatian para wisatawan.




READ  Usaha Kerajinan Pasar Lokal Dapat Dikenali Dengan

You May Also Like

About the Author: Admin